Cara setting dasar mikrotik RB941

Cara mudah setting dasar mikrotik RB941

Pada era masa kini peralatan internet semakin canggih, adapun beberapa perangkat yang dapat digunakan untuk layanan internet dengan setting yang dapat digunakan dengan mudah, salah satunya yaitu mikrotik.

Sebelum penjelasan mengenai bagaimana cara setting dasar mikrotik, perlu kalian ketahui bahwa mikrotik adalah sebuah perusahaan networking yang berada di sebelah Utara kota riga latvia yang didirikan oleh John dan arnis pada tahun 1996, perusahaan tersebut Memproduksi routerbord dan routerOS, yang dapat menjadikan komputer menjadi router network yang handal.

Banyak fitur-fitur yang terdapat di mikrotik yang dapat kita manfaatkan diantara nya hotspot, web proxy, layer 7, Redirect, dan masih banyak yang lainnya.

Tapi sebelum mengenal beberapa fitur diatas perlu diketahui bahwa sebelum itu kita harus mengetahui bagaimana cara setting dasar terlebih dahulu, karna sebelum mengkonfigurasi yang lain nya setting dasar harus dilakukan terlebih dahulu.

Langkah-langkah setting dasar mikrotik:
1. Yang pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan alat dan bahan nya terlebih dahulu, alat dan bahan dalam mikrotik ini sangat simple yang diperlukan hanya 1 set mikrotik dengan kabel adaptor nya, kabel LAN untuk mengubungkan mikrotik ke laptop/komputer, kemudian akses Internet.
2. Masuk pada aplikasi winbox
3. Pilih menu ip kemudian pilih DHCP client kemudian klik tanda (+) untuk menambahkan, biasanya dalam DHCP client ini sudah terisi otomatis, tapi untuk memastikan, arahkan ethernet ke eth1, lalu klik pada IP maka otomatis akan terisi, jika sudah maka apply dan ok untuk menyimpan perubahan.
4. Setelah itu pilih IP kemudian address, klik tanda (+) lalu isi dengan IP yang akan digunakan misalnya 10.10.10.1/24 dan arahkan interface nya ke eth2 jika sudah klik apply lalu ok.
5. Pilih IP kemudian DNS, kemudian klik Tanda (+) kemudian ceklis pada allow remote reques maka otomatis akan terisi dan jika sudah klik apply lalu ok.
6. Pilih menu IP kemudian DHCP server, lalu pilih DHCP setup, seperti biasa klik tanda (+), lalu arahkan interface ke eth2 terus klik next sampai ada muncul tampilan succesfull.
7. Pilih menu IP kemudian pilih firewall dan pilih NAT, isi outinterface dengan interface yang terkoneksi internet misalnya ether1, kemudian pada tab action pilih masquerade.
8. Cek pada new terminal dengan cara ketik PING www.google.com, untuk mengecek apakah komputer yang sudah di setting telah terkoneksi internet atau belum. Jika pada saat PING muncul tulisan time out artinya komputer belum terkoneksi internet, tapi jika sudah muncul TTL atau muncuk kecepatan internet nya, maka proses setting telah berhasil dan komputer sudah terkoneksi internet.
9. Untuk pengecekan lebih lanjut, cek dengan google atau YouTube.
10. Jika masih belum terkoneksi pilih ethernet pada komputer, lalu disable dan enable kan terlebih dahulu, kemudian cek lagi.

Itulah cara termudah setting dasar pada mikrotik RB941 silahkan untuk dicoba dan semoga bermanfaat. Sekian penjelasan mengenai setting dasar mikrotik pada artikel kali ini..
Silahkan lihat pada artikel yang lainnya pada studymedia agar ilmu ini bisa bermanfaat bagi kalian semua..

Belum ada Komentar untuk "Cara setting dasar mikrotik RB941"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel